Menanam Buah Naga dari Biji

 on Minggu, 10 Juli 2016  

Catatan Ringan.  Suka makan buah naga, mau menanam sendiri tapi ga tahu kemana cari bibit buah naga? Coba tanam sendiri dari bijinya.  Buah naga biasanya ditanam dengan menyetek batangnya, tetapi bisa juga dibiakkan dengan menananam bijinya.  Kelebihan menanam buah naga dari biji adalah mudah untuk mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dan berumur seragam, tanaman berumur relatif panjang dan bisa menghasilkan jenis atau sifat yang baru dari persilangan dua induk yang berbeda sifatnya, atau perpaduan dari keunggulan dua sifat dari induknya.

Cara menanam buah naga dari bijinya adalah sebagai berikut:

  • Ambilah sesendok biji buah naga (bagian yang sering kita makan), letakkan di piring, tekan-tekan agar memisah dan menyebar di piring, diamkan sehari, maka bagian bijinya dapat kita kumpulkan.
  • Hamparkan kapas atau tisu di atas piring, basahi sampai rata lalu taburkan biji buah naga di atasnya, jangan lupa memperhatikan kelembaban media (kapas) semai, selalu siram bila mulai kering.
  • Dalam beberapa hari biji buah naga akan berkecambah dan mengeluarkan daun.
  • Setelah tumbuh sekitar 4 daun pisahkan dan tanam pada polybag kecil atau gelas plastik bekas air mineral, jangan lupa bolongi bagian bawahnya untuk drainase kelebihan air siraman.
  • Setelah cukup besar bibit bisa ditanam di pot besar atau langsung di lahan atau pekarangan.

 

Menanam Buah Naga dari Biji 4.5 5 Share Minggu, 10 Juli 2016 Catatan Ringan.  Suka makan buah naga, mau menanam sendiri tapi ga tahu kemana cari bibit buah naga? Coba tanam sendiri dari bijinya.  Buah ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.