Cara Mudah Memoto Peristiwa Alam Gerhana Bulan

 on Minggu, 08 Juli 2018  

cara memotret gerhana bulan
 
Gerhana bulan, terlebih gerhana bulan merah darah, sebuah fenomena menarik, layak diabadikan dengan kamera.  Berikut cara sederhana mengabadikan peristiwa alam gerhana bulan:
  1. Ambil foto pada malam ke15 penanggalan Hijriyah. Ini berlaku untuk semua bulan purnama dan gerhana bulan pun terjadi saat fase bulan purnama.
  2. Gunakan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dengan lensa tele (minimal 250 mm atau lebih panjang lagi) atau kamera presumer dengan tele yang panjang.
  3. Pakai tripod agar mengurangi hasil foto yang blur.
  4. Setting aperture pada f/8, bukaan besar dari lensa akan menambah terang hasil foto.
  5. Setting speed shutter pada 1/3 sampai dengan 1/10 detik, karena gerhana bulan jauh lebih gelap dari bulan purnama, sehingga diperlukan shutter speed yang lambat agar foto menjadi lebih terang.
  6. Setelah selesai bisa edit dengan photo editor seperti Adobe Photoshop, paling tidak gunakan pengaturan level (Ctr+L).
  7. Kalau menggunakan Photoscape, aturlah pada menu Home > Bright/Color > Darken.
  8. Selamat mencoba, foto di atas adalah fenomena gerhana bulam merah darah pada 4 April 2015, pada tahun 2015 ini akan terjadi lagi pada bulan September.
Cara Mudah Memoto Peristiwa Alam Gerhana Bulan 4.5 5 Share Minggu, 08 Juli 2018   Gerhana bulan, terlebih gerhana bulan merah darah, sebuah fenomena menarik, layak diabadikan dengan kamera.  Berikut cara sederhana mengab...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.