Share Aja

 on Jumat, 22 November 2013  

Dari sekian blog yang saya kelola ada sebuah posting berisi tentang rangkuman ceramah Siraman Qalbu Bengkel Hati dari Ustadz Dhanu di TPI/MNCTV, entah karena manfaatnya atau karena kata kunci yang banyak (hampir semua jenis penyakit ada disana) posting ini merupkan posting dengan pengunjung terbanyak dari posting lainnya.  Rangkuman tersebut sebagian besar berasal dari catatan saya setiap kali nonton acara televisi tersebut sejak tahun 2010, awalnya tulisan tersebut saya posting di blog Landscape of Borneo (blog tersebut sudah tidak saya aktifkan, kemudian bepindah ke blog www.catatanringan.com yang juga sudah tidak saya aktifkan, posting saya ekspor ke blog ini) dan selalu saya update bila ada tambahan info.  Karena susahnya mengumpulkan materinya maka saya jadi pelit untuk membagi bahan tulisan tersebut (tak bisa dicopy paste), tapi karena isi materinya yang bagus dan sebaiknya diketahui oleh orang banyak saya juga mau membaginya untuk pembaca, akhirnya saya sediakan tombol untuk download file pdf-nya.  Akibat mempertahankan satu posting ini, blog tersebut saya beri proteksi agar sulit untuk di copy paste, sehingga semua posting dalam satu blog tersebut juga sulit untuk di copy, akibat lainnya blog tersebut tidak bisa dipasang search box, fasilitas pencarian tulisan dalam blog dengan kata kunci.
 
Dalam sebuah kesempatan, saya mengikuti pelatihan TIK untuk profesi pekerjaan saya di kantor, saya bertanya pada narasumber, adakah cara proteksi posting blog yang belaku untuk satu posting saja bukan proteksi untu semua posting dalam satu blog.  Jawaban beliau cuma singkat, tidak ada, dan semua proteksi pun selalu ada cara untuk membukanya.  Tapi yang lebih menyentuh adalah cerita beliau, katanya dia pun suka blogging dan tidak pernah memproteksinya, beliau mempunyai niat untuk membagi ilmu, katanya silakan mau dicopy dan diposting lagi dengan cara santun atau cara tidak santun. Kalau postingannya bermanfaat, alhamdulillah dan pastilah Allah akan memberikan kebaikan kepada kita mungkin tidak langsung dari jalur online bisa jadi nanti pada jalur offline.
 
Akhirnya blog tersebut tidak saya pasang proteksi lagi.  Sebenarnya sudah lama saya mau membuka proteksi tersebut, karena makin kita pelit makin menyusahkan kita untuk memproteksinya, banyak energi terbuang mencari cara terbaik memproteksi materi tersebut.  Cerita narasumber tadi semakin menguatkan saya untuk yakin berbagi ilmu adalah hal terpenting dalam blogging, masih banyak lagi ilmu lain yang perlu kita pelajari, jadi bagikan saja yang sudah kita dapat. Makin banyak kita belajar menulis tanpa ada plagiasi, makin banyak pula manfaat yang kita dapat.  Mari kita budayakan jujur dan tidak pelit untuk kebaikan kita semua.
 
So... Share Aja, mari berbagi, semoga bermanfaat... lebih jauh, inilah Aku.
Share Aja 4.5 5 Share Jumat, 22 November 2013 Dari sekian blog yang saya kelola ada sebuah posting berisi tentang rangkuman ceramah Siraman Qalbu Bengkel Hati dari Ustadz Dhanu di TPI/M...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.